Contoh Format Pembuatan Resume Simpel


RESUME KULIAH TAMU PT. AT OCEANIC OFFSHORE DENGAN PEMBAHASAN FUNGSI MANAJEMEN OLEH QUALITY DEPARTMENT IBU SAREE
Oleh : Try Ervina 3111412005
Jurusan Manajemen Bisnis, Program Studi DIII Akuntansi, Politeknik Negeri Batam, Tahun Ajaran 2014/2015 

PENDAHULUAN
PT. AT Oceanic Offshore adalah perusahaan dengan produk kawat, tali atau kabel baja. Terletak di Jalan Hang Kesturi III Kabil Industrial Estate Lot D1-4 B1-19B Batam Kepulauan Riau, Kabil Industrial Estate.

MATERI

FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN 
Fungsi manajemen secara umum dibagi menjadi :
A. Planning (Perencanaan)
B. Organizing (Pengorganisasian)
C. Actuating (Pelaksanaan)
D. Controlling (Pengawasan)

PEMBAHASAN 

A.    PLANNING (PERENCANAAN) 

Planning adalah kegiatan yang utama dari fungsi-fungsi manajemen dan merupakan urutan yang pertama pada kegiatan manajemen dan fungsi-fungsi pada manajemen akan dapat berkerja setelah diberikan arahan oleh bagian perencanaan.
Contoh fungsi manajemen di PT. AT Oceanic Offshore adalah sebagai berikut :
1. Human Resource : Merekrut dan mengadakan pelatihan bagi karyawan
2. Sales Marketing : Membantu memasarkan produk
3. PPIC Department  (QA&QC Department) :  Mengawasi dan melakukan inspeksi produk masuk dan produk keluar dari dan ke dalam perusahaan serta memastikan produk yang di suplay ke custoners sesuai dengan permintaan.
4. Accounting : Menyediakan data Asset dan pengeluaran perusahaan yang akan timbul, melakukan pengawasan terhadap keuangan, pengendalian biaya (cost control) serta semua transaksi ekonomi perusahaan.
5. Manager : adalah orang yang melakukan fungsi manjemen serta mengarahkan diri sendiri dan karyawan untuk bersinergi mencapai tujuan dan kesejahteraan perusahaan.

Hal-hal yang harus diketahui oleh manager dalam menjalankan fungsi manjemen :
1. What : apa yang akan dicapai organisasi atau perusahaan
2. Why : mengapa diterapkan tujuan organisasi tersebut
3. Where : mempertanggungjawabkan letak perusahaan
4. When : mencari cara yang efektif dan efisien agar tujuan dapat tercapai tepat waktu dengan keputusan yang ditetapkan dalam waktu yang tepat pula
5. How : menetapkan bagaimana cara kerja yang dapat dilakukan secara efektif dan efisien agar tujuan dapat tercapai

Pembagian Perencanaan :
1. Jenjang atas (top-level) : bagian perencanaan yang membuat keputusan
2. Middle Level : bagian yang melaksanakan perencanaan tetapi juga terkadang membuat keputusan
3.  Low-Level : bagian yang merencanakan perencanaan

Syarat-syarat perencanaan yang baik :
1. Mempunyai tujuan yang jelas
2. Sederhana , dalam arti tujuan yang ditetapkan sederhana dan dapat dilaksanakan secara actual dan tidak muluk-muluk
3. Analisis terhadap pekerjaan yang jelas
4. Fleksibel atau dapat menyesuaikan dengan perkembangan
5. Memiliki keseimbangan antara tanggung jawab dan tujuan
6. Efektif dan berdaya guna

Manfaat Perencanaan :
1.      Tugas terorganisir dengan baik sehingga mudah untuk melaksanakannya
2.      Dapat menentukan cara-cara yang efektif untuk menyelesaikan pekerjaan



B.     ORGANIZING (PENGORGANISASIAN) 

Pengorganisasian adalah kegiatan mengelompokan orang-orang dan memberikan wewenang atau authority sesuai dengan job description yang jelas

Unsur-unsur pengorganisasian :
1. Adanya kerja sama
2. Kegiatan yang telah ditetapkan
3. Kegiatan diarahkan untuk mencapai tujuan

Manfaat Pengorganisasian :
1. Pembagian tugas secara jelas yang sesuai dengan keadaan perusahaan
2. Menciptakan spesialisasi ; karyawan yang direkrut sesuai dengan latar belakang pendidikannya (education) dan skill
3. Dengan adanya pengorganisasian anggota organisasi dapat mengetahui tugas-tugasnya

Hal-hal yang terdapat dalam fungsi pengorganisasian :
1. Adanya pendelegasian dari manajemen puncak ke manajemen pelaksana
2. Tugas yang jelas
3. Memiliki manajemen yang professional dan seluruh kegiatan yang ada dalam organisasi terkoordinasi dengan baik.

Bentuk Organisasi :
1. Organisasi bentuk garis (line) : pimpinan mempunyai wewenang langsung ke bawahan
2. Organisasi fungsional staff : disusun berdasarkan masing-masing sifat department dan fungsinya
3. Organisasi bentuk garis (line) dan staff : kombinasi antara organisasi bentuk garis dan staff


C.    ACTUATING (PELAKSANAAN) 

Pelaksanaan adalah kegiatan menggerakan orang-orang untuk bekerja dan mencapai tujuan,memenuhi kebutuhan dan seringkali berhubungan dengan sumber daya manusia.
Kebutuhan orang-orang antara lain :
1. Kebutuhan fisiologis ; kebutuhan sandang, pangan dan papan
2. Kebutuhan akan keamanan dan keselamatan
3. Kebutuhan sosial ; dianggap berada oleh lingkungan sekitar
4. Kebutuhan prestise ; harga diri dan prestasi
5. Aktualisasi diri ; berhubungan dengan kebutuhan bahwa manusia senang dianggap ahli dalam hal tertentu

D.    CONTROLLING (PENGAWASAN) 

Pengawasan adalah kegiatan memastikan pekerjaan dilakukan dengan baik sesuai rencana kerja (work plan), mencegah adanya kesalahan, mengadakan koreksi terhadap kegagalan yang timbul dan memberi jalan keluar atas suatu kesalahan.

Pengawasan yang efektif memperhatikan hal-hal berikut :

1. Jalur urutan (routing)
2. Penetapan waktu (scheduling)
3. Perintah pelaksanaan (dispatching)
4. Tindak lanjut (follow up)

KESIMPULAN 

Inti dari fungsi manajemen adalah planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating (pelaksanaan) dan controlling (pelaksanaan).

Comments

Popular posts from this blog

Tugas Tentang Pengertian Triple Helix

Wisata Pantai Mirota Batam

Benteng Vredeburg & Taman Budaya Yogyakarta