Benteng Vredeburg & Taman Budaya Yogyakarta


Hai guys, di postingan sebelumnya saya postkan tempat wisata di Batam (karena saya tinggal di Batam sekarang). Kali ini sayaakan post kan tempat wisata yang ada di kota asal saya, Yogyakarta.

Benteng Vredeburg

Lokasi : Jln. Jend. Ahmad Yani No.6, Yogyakarta 55224, Indonesia

Benteng Vredeburg dibangun pada tahun 1760-1765 di lokasi tanah yang berstatus milik Keraton Yogyakarta namun penggunaannya dengan pengawasan Gubernur dari Direktur pantai utara Jawa yang bernama Nicolas Harting. Benteng Vredeburg adalah museum perjuangan khusus sejarah nasional bangsa Indonesia yang berisi seni, budaya dan ilmu pengetahuan tentang sejarah. Di dalamnyaterdapat foto, patung, maupun miniature yang menceritakan sejarah Indonesia.

Secara singkat Benteng Vredeburg merupakan manifestasi hubungan antara Belanda dan Keraton Yogyakarta yang tidak saling menyerang pada masa penjajahan karena Keraton Yogyakarta sendiri sudah mempunyai pengakuan tersendiri dari pihak Belanda.  Pada awal berdirinya Benteng ini dinamakan Rostenburg atau tempat peristirahatan, lalu pada tahun 1867 terkena gempa besar dan dalam pembangunannya kembali kemudian diubah namanya menjadi Vredeburg yang berarti perdamaian. Untuk mengetahui sejarah singkat tentang Benteng Vredeburg ini, pengunjung dapat melihat film di ministudio yang berada di dalamnya dengan durasi film sekitar 15-20 menit. Sekedar informasi, tiket masuk ke Benteng Vredeburg hanya Rp 2000 per orang. Murah tetapi dapat menambah ilmu pengetahuan dan mengisi liburan tentunya.

Berikut foto-foto saya bersama teman saat berkunjung tahun lalu.



Begitu masuk, seperti ini pemandangan khas museum.


Saatnya masuk ke dalam, suasananya khas Jogja banget, jawa jaman dahulu, klasik dan eksotik. Pokoknya keren lah. Hehehe. Ini gambar lambang Yogyakarta dari masa ke masa.





 Patung pahlawan dan tentara Belanda.







Berbagai sudut di dalam kawasan benteng Vredeburg.









 Banyaknya turis asing membuat kami gemes pinjam anak bule buat diajak foto. Hehehe. Dia namanya Sven, dari Belanda, campuran si sbenernya ibunya asli Jogja, ayahnya yang Belanda. Say hai to Sven. Tapi dianya malu-malu.



Karena belum sempat foto di lambang Benteng Vredeburg, balik lagi deh keesokan harinya. Sekaligus mampir foto di monumen serangan umum 1 maret.









Oke selanjutnya kita bahas Taman Budaya Yogyakarta.
Taman Budaya Yogyakarta

Lokasi : Jalan Sriwedani No.1 Yogyakarta

Taman Budaya Yogyakarta adalah tempat sarana wisata untuk pertunjukan, pameran, dan karya seni lainnya. Pas hari keberuntungan banget bisa nonton Jathilan (Kuda Lumping).














Dan akhirnya foto sama masnya (penabuh kendang). Hehehe.








Sebenarnya kalau kamu sudah ada di Malioboro, semua bisa dijangkau dengan jalan kaki kok, dari Malioboro ke Vredeburg, Taman Pintar, Taman Budaya, bahkan ke Keraton, bisa juga naik becak sama Pakdhe nya cuma narik ongkos 5 ribu udah keliling kok.

Silahkan berkunjung ke Jogja. Wonderful Indonesia.




Comments

Popular posts from this blog

Tugas Tentang Pengertian Triple Helix

Wisata Pantai Mirota Batam